Blog ini dibuat sebagai media informasi kedalam atau keluar guna mengembangkan MAPALA PASCA IAIN PONOROGO

Pendidikan Lanjutan (DIKJUT) Caving MAPALA PASCA XXVII

 

Pendidikan Lanjutan (DIKJUT) Caving MAPALA PASCA XXVII



Kegiatan Pendidikan Lanjutan (DIKJUT) Caving merupakan salah satu bentuk atau wujud dari kegiatan alam bebas dalam bidang pendidikan penelusuran dan eksplorasi gua dalam aktivitas organisasi MAPALA PASCA. Didalam kegiatan ini peserta yang mengikuti akan dibekali dengan pengetahuan, pemahaman, pengertian tentang susur gua agar nantinya mereka dapat mengerti dan memahami serta mampu bekerja secara profesional.

Kegiatan Ekspedisi ini dilakukan pada 18-20 Agustus 2023 di gua Jambu dan Seropan Desa Ngadirejan Kec. Pringkuku Kab. Pacitan yang mana Kab. Pacitan merupakan termasuk kawasan gunung sewu atau juga kawasan gunung kars yang dikenal juga sebagai Kota 1001 Goa. Sasaran dalam kegiatan ini adalah Anggota MAPALA PASCA yang berjenjang Anggota Muda diikuti oleh 11 peserta dan 5 pendamping. Dalam pelaksanaannya dibagi kedalam tiga kelompok dengan pengaplikasian secara bergantian di setiap materinya.

Bentuk dalam kegiatan ini adalah pemberian materi tentang management ekspedisi Susur gua / Caving dalam bentuk latihan dan praktek dengan materi Speleologi, Biospeleologi, Pengenalan alat SRT, Rescue, serta pemetaan gua horisontal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skil dan ilmu pengetahuan anggota, selain itu sebagai usaha untuk melindungi kawasan karst dari eksploitasi, memberikan manfaat ekonomi bagi warga sekitar.

No comments:

Post a Comment