Blog ini dibuat sebagai media informasi kedalam atau keluar guna mengembangkan MAPALA PASCA IAIN PONOROGO

MAPALA PASCA BERHASIL KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH DI LUWENG OMBO PACITAN DALAM RANGKA HUT KE-78 RI

 

MAPALA PASCA BERHASIL KIBARKAN  BENDERA MERAH PUTIH DI LUWENG OMBO PACITAN DALAM RANGKA HUT KE-78 RI


Hari Kemerdekaan Indonesia menjadi peringatan penting yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Momen tersebut menyimpan banyak sejarah para pahlawan berjuang untuk mengusir penjajah dari tanah air Indonesia. Tujuan dari peringatan hari kemerdekaan Indonesia adalah untuk mengenang kembali pahlawan-pahlawan bangsa yang telah berjuang demi membawa Negara Indonesia menuju kemerdekaan dan membuat kita akan selalu mengingat perjuangan mereka.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) MAPALA PASCA IAIN Ponorogo bersama dengan Pacitan Speleology Society (PSS) dan  Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam (METALA) Universitas Muhamadiyah Surakarta melakukan pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 2023. Kegiatan tersebut dilakukan di Luweng Ombo yang bertempat di Desa Sugihwaras, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Seperti yang kita ketahui gua-gua di pacitan memiliki pesona dan daya tarik yang luar biasa bagi para penggiat alam, hal ini karna Kota Pacitan adalah Kota 1001 gua, tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut benar adanya salah satunya adalah Luweng Ombo Pacitan.

Luweng Ombo di Desa Sugihwaras adalah sebuah gua vertikal yang kurang lebih memiliki kedalaman 30 sampai 40 Meter kedalam tanah, selain itu dibawah gua juga terdapat aliran sungai yang cukup deras hal itu membuat bertambhanya tantangan dalam pengibaran. Pemilihan tempat tersebut sesuai dengan rekomendasi dari PSS karena lokasi yang cukup strategis dan aman untuk pengibaran bendera. Tentu saja sebelum kegiatan dilaksanakan, banyak sekali persiapan yang dilakukan. Seperti membersihkan area pengibaran bendera, menyiapkan alat dan stamina tentunya. Pengibaran bendera tersebut dilakukan oleh para perempuan hebat dari tim MAPALA PASCA yang bernama Dhita, Aura, Zidna, Nisa, dan Yolanda dari METALA. Pengibaran bendera dihadiri oleh perangkat desa dan masyarakat setempat.

Antusias warga sangat tinggi dalam acara pengibaran tersebut. Guyuran hujan tidak menghalangi para masyarakat untuk menyaksikan pengibaran bendera merah putih. “Pengawasan pada mulut gua kami tingkatkan, pemasangan marker pembatas juga kami lakukan hal ini mengingat banyaknya masyarakat yang hadir dan turunnya hujan deras saat upacara 17 Agustus di Luweng Ombo Pacitan”, ungkap ketua pelaksana Alif Fatoni.

Kegiatan tersebut juga dihadiri ketua umum, anggota aktif, dan anggota luar biasa (senior) MAPALA PASCA IAIN Ponorogo. "Yang pasti [bisa turut serta dalam] semarak kemerdekaan. Meskipun 17 Agustus telah berlalu harus tetap ada [semarak kemerdekaan]," ungkap ketua umum MAPALA PASCA.


Penulis :Noviki, Rian    

                                                    MAPALA PASCA     


 

 

No comments:

Post a Comment