Blog ini dibuat sebagai media informasi kedalam atau keluar guna mengembangkan MAPALA PASCA IAIN PONOROGO

EKSPEDISI GUNUNG WILIS MAPALA PASCA

| Selasa, 10 Mei 2011

GUNUNG WILIS 2552 MDPL
Pada awalnya saya waktu bulan agustus saya ingin pendakian ke gunung wilis yang terletak di jawa timur terletak di Pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2552 meter, serta puncaknya berada di perbatasan antara enam kabupaten yaitu Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek. Dari titik puncak tersebut saya melewati jalur tulung aggung yaitu lewat candi penampihan. Ketika pendakian di gunung wilis ada beberapa titik yang mungkin banyak di kenal sama anak pendaki, yaitu WATU GODEK,TEROWONGAN CINTA.
Pada waktu itu pendakian dilakukan pada sore hari mulai start (candi penampihan) jam 13.30 WIB, mungkin pada awal jalur pendakian pendakian akan melewati ladang atau perkebunan setelah beberapa jam kemudian memasuki hutan bahka waktu pendakian kalau perlu bawa golok tebas (tramontina) Karena hutan di gunung wilis masih sangat lebat dan lembab. Setelah melewati perkebunan dan hutan yang sangat lebat tibalah saya di WATU GODEK pada jam 16.30 WIB.setelah itu tim kami ambil istirahat beberapa menit untuk masak. Karena digunung wilis Cuma ada satu titik air yang letaknya dekat WATU GODEK yang jarak tempuhnya kurang lebih setengah jam dari WATU GODEK ke tempat sumber air. Di karnakan waktu semakin malam akhirnya saya melanjutkan perjalanan kami ke puncak. Pada jam 18.30 WIB dari WATU GODEK dan jalur pendakian pun semakin menantang dan tracnya juga semakin naik.dan jalurnyapun juga masih hutan lebat.pada waktu itu tim kami menemukan tanda-tanda akan sampainya puncak yang di tandai hutan pinus, setelah itu kami sampai puncak pada jam 21.30 WIB.dan akhirnya kami camp di puncak. Dan istirahat sejenak tuk bangun pagi.dan akhirnyapu kami bangun pagi untuk melihat sun rise dari puncak gunung wilis, setelah menikmati puncak gunung wilis kami persiapan tururn dari puncak.dan turun dari puncak gunung wilis jam 11.00 WIB. Dan sampainya di WATU GODEK  jam 13.25 WIB, sesudah sampainya WATU GODEK kami ambil alih jalur turunya melewati jalur air terjun dan 9 (sembilan) sungai.akan tetapi ketika sampai bawah tetap kita akan menemukan candi penampihan.Dan jalurnya tidak kalah menantang dengan jalur waktu kami berangkat Karena jalur kami yang kedua sangatlah curam (setapak) dan akhirnya kami ambil istirahat di sungai pertama, untuk memasak nasi dan makan-makan, dan tibanya kami di sungai pertama jam 13.45 WIB , setelah itu kami lanjutkan lagi perjalan turun kami jam 14.30 WIB setelah melewati rintangan-rintangan yang sangat curam bahkan salah satu dari tim kami ada yang celananya robek karena tersankut pohon dan melewati 8 (delapan ) sungai dan air terjun akhirnya kamipun sampai di candi penampihan jam 15.45 WIB..