Blog ini dibuat sebagai media informasi kedalam atau keluar guna mengembangkan MAPALA PASCA IAIN PONOROGO

DIKLAT LANJUTAN DIVISI ORAD (Olahraga Arus Deras) Angkatan ke-XXVII MAPALA PASCA IAIN PONOROGO

 


DIKLAT LANJUTAN DIVISI ORAD (Olahraga Arus Deras) Angkatan ke-XXVII MAPALA PASCA    IAIN PONOROGO

 

 

Assalamualaikum wr wb

SALAM LESTARI!!!

 Sejarah petualangan sungai di Indonesia dimulai sekitar awal tahun 1970 an dengan istilah olahraga arus deras (ORAD). Dipelopori oleh rekan-rekan pecinta alam dari Bandung dan Jakarta, olahraga ini kemudian menjadi salah satu olahraga petualangan yang paling diminati para pecinta alam. Arung Jeram di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak dahulu. Dengan istilah ORAD  (Olahraga arus deras) WANADRI Bandung dan MAPALA UI Jakarta mulai merambah sungai-sungai di Indonesia.

MAPALA PASCA sebagai wadah para pecinta alam mahasiswa IAIN Ponorogo memberikan Fasilitas ilmu  dan pengalaman yang ber urgensi tinggi dibidang kemapalaan. Pada hari Kamis-Minggu tgl 01-04 Juni 2023 kemarin, diadakan DIKJUT (Diklat Lanjutan) Divisi ORAD (Olahraga Arus Deras) bagi para Anggota Muda Angkatan ke-XXVII yang bertempat di sungai Brantas                      Ds. Curungrejo, Kepanjen Malang Jawa Timur. Sebelum kegiatan ini dilakukan, para peserta melakukan kegiatan bedah materi pada tgl 5-7 Mei  dan kegiatan simulasi pada tgl 18-20 Mei di sungai Jenangan, Ponorogo. Seluruh rentetan kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Dalam kegiatan arung jeram, keselamatan setiap peserta adalah hal yang utama.  Dalam melakukan kegiatan arung jeram ini.

Self rescue atau tindakan penyelamatan diri saat melakukan kegiatan arung jeram ini perlu Anda cermati dengan serius. Lebih jauh, prinsip setiap tindakan penyelamatan dalam kegiatan arung jeram adalah menyelamatkan diri sendiri sebelum melakukan tindakan penyelamatan terhadap orang lain, dan si penyelamat harus benar-benar berada dalam kondisi yang aman dalam melakukan tindakan penyelamatan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari resiko lainnya dan kemungkinan bertambahnya korban.

Kotak Teks:
 



Pembuatan instalasi Rescue


Rescue by man


Rescue by rope dan pengarungan

 

 

 

Kotak Teks: Kotak Teks:
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment