Blog ini dibuat sebagai media informasi kedalam atau keluar guna mengembangkan MAPALA PASCA IAIN PONOROGO

DIKLATSAR PROFAUNA FOREST CAMP 2023

 

DIKLATSAR PROFAUNA FOREST CAMP 2023

https://profauna.net/sites/default/files/styles/large/public/field/image/png_20230522_131538_0000.png?itok=ul9ItXhh

Yayasan PROFAUNA Indonesia adalah yayasan sosial yang bergerak dibidang konservasi hutan dan perlindungan satwa liar. PROFAUNA Indonesia pada awalnya didirikan pada tahun 1994 di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia, dengan nama Konservasi Satwa Bagi Kehidupan yang kemudian pada tahun 2002 berubah nama menjadi PROFAUNA Indonesia hingga sekarang. Dalam kurun waktu 29 tahun yayasan PROFAUNA banyak menyelenggarakan event-event salah satunya event tahunan yaitu DIKLATSAR PROFAUNA FORESTCAMP/ kegiatan ini sempat vakum selama 3 tahun akibat pandemi corona, kini pendidikan dan latihan (diklat) tentang konservasi hutan dan satwa liar yang bertajuk PROFAUNA'S FOREST CAMP kembali diadakan pada tanggal 2 - 4 Juli 2023 di Petungsewu Wildlife Education Center (PWEC), Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

 

Lebih dari enam puluh peserta yang tersebar dari 14 provinsi yang berbeda, dengan keberagaman daerah, suku dan agama. Dari enam puluh peserta, salah satunya berasal dari delegasi MAPALA PASCA IAIN PONOROGO. Adapun dalam kegiatan ini menyampaikan maksud dan tujuan mengembangkan generasi muda yang berjiwa konservasi dan peka terhadap problematika lingkungan. Berdasarkan penuturan Nadya Prinia selagu ketua yayasan PROFAUNA "Acara Forest Camp ini sebagai wujud bentuk komitmen PROFAUNA untuk terus melakukan edukasi dan pelatihan ke generasi muda tentang konservasi hutan dan  satwa liar, karena kami percaya bahwa edukasi seperti ini adalah investasi jangka panjang tentang kesadaran terkait konservasi alam,"

Maksud dan tujuan PROFAUNA FORESTCAMP direalisasikan dberupa penyampaian materi  Dasar konservasi hutan, Sensus populasi satwa liar, Analisa vegetasi hutan, Dasar konservasi satwa liar, Dasar bird watching, Perhutanan social, Media sosial dan konservasi alam, Hukum konservasi hutan, Pengenalan tanaman liar yang bisa dikonsumsi, Mengenal stratifikasi hutan. Secara teknis pelaksanaan banyak dilakukan dilapangan sebagai contoh materi sensus populasi satwa liar dan brid watching dilakukan dihutan tepatnnya disekitar pegunungan panderman dan analisa vegetasi dilakukan di hutan P-WEC. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bisa ditarik kesimpulan bahwa populasi satwa khususnya jenis aves masih terjaga ditinjau dari keberagaman jenis yang ada. Sedangkan hasil stratifikasi hutan menunjukkan hutan tersebut merupakan hutan rimbun. Acara PROFAUNA FOREST CAMP 2023 ditutup pada tanggal 4 juli 2023 dengan suka cita. kegiatan ini dikatakan berhasil karna telah memperluas pemahaman peserta dan telah membangkitkan rasa rimbawan dalam hati seluruh peserta

           

No comments:

Post a Comment